Hikmah diturunkan Al-Quran



Hikmah diturunkan Al-Quran secara berangsur-angsur
Al-Quran diturunkan secara berangsur-angsur dalam masa 22 tahun 2 bualn 22 hari atau 23 tahun, 13 tahun di mekah dan 10 tahun di madinah. Hikmah Al-Quran ditunkan secara berangsur-angsur ialah :
1.       Agar lebih mudah dimengerti dan dilaksanakan. Orang tidak akan melaksanakan suruhan, dan larangan sekiranya suruhan dan larangan itu diturunkan sekaligus banyak. Hal ini disebutkan oleh Buhkari dan riwayat ‘Aisyah r.a .
2.       Diantara ayat-ayat itu ada yang nasikh da nada yang mansukh, sesuai dengan kemaslahatan. Ini tidak dapat dilakukan sekiranya Al-quran diturunkan sekaligus ( ini menurut pendapat yang mengatakan adanya nasikh dan manuskh).
3.       Turunnya sesuatu ayat sesuai dnegan peristiwa-peristiwa yang terjadi akan lebih mengesankan dan lebih berpengaruh dihati.
4.       Memudahkan penghafalan. Orang-orang musyrik yang telah menanyakan mengapa al-quran tidak diturunkan sekaligus, sebagaimana tersebut dalam al-quran surat(25) al-Furqaan ayat 32, yaitu “ . . . . . . .  mengapakah al-quran itu tidak diturunkan kepadanya sekaligus . . . . . . ? “ kemudian dijawab didalam ayat itu sendiri “ . . . . . kemudian dengan car itu kami menetapkan hatimu . . . .”
5.       Diantara ayat-ayat ada yang merupakan jawaban daripada pertanyaan atau penolakan suatu pendapat atau perbuatan, sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Abbas r.a hal ini tidak dapat terlaksana kalau Al-quran diturunkan sekaligus.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar